Kades Pasir Panjang Inginkan Gedung Kesenian

0

Poto Kades Pasir Panjang Mamat Selamat Kab. Sukabumi, Renus.

Gedung merupakan sarana tempatnya berkumpul para seniman, maka dari itu tempat berkumpul sangatlah penting demi terwujudnya suatu cita-cita yang diinginkan. Hal ini dikatakan Kepala Desa Pasir Panjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Mamat Selamat yang menginginkan gedung kesenian.
Selain Kepala Desa, Mamat juga sebagai Pimpinan Kesenian Sunda Grup Sentra Samudera yang berada di wilayah Selatan Sukabumi. “Dalam grup tersebut memiliki beberapa kesenian sunda seperti: Seni wayang golek, Jaipongan dan Pencak Silat,” kata Mamat pada Renus Selasa pekan lalu.

Adanya keinginan memiliki tempat atau gedung kesenian, ini merupakan wujud nyata dari kecintaan terhadap seni sunda, yang hukumnya wajib bagi orang sunda untuk melestarikannya, sehingga generasi muda akan lebih memahami dan mencitai kesenian daerahnya sendiri, yang pada akhirnya kesenian sunda tidak mati di tempatnya atau daerahnya.

Mamat mengungkapan jati diri orang sunda yaitu selalu ingat akan dirinya, daerah serta kepada keseniaannya. Maka dari itu sangatlah wajar dan pantas jika keinginan untuk memiliki gedung kesenian sunda demi lestarinya kesenian tersebut.

Mamat mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Pasir Panjang khususnya dan umumnya pada masyarakat Sukabumi, agar bisa mempertahankan serta memelihara kesenian sunda. “Itu semua agar kesenian sunda tidak tergerus oleh kesenian lain yang akhirnya terjadi kemusnahan,” ajaknya.

Dalam hal ini kepada pihak pemerintah intansi terkait, agar adanya perhatian dengan adanya keinginan masayarakat Desa Pasir Panjang untuk memiliki gedung kesenian sebagai tempat pertemuan para pencita seni. “Kami berharap agar ada perhatian dari pemerintah supaya kami memeiliki gedung kesenian,” kata Mamat.

Sementara itu menurut Entah, sangatlah setuju serta mendukung dengan adanya keinginan untuk memiliki gedung kesenian tersebut demi terwujud lestarinya Seni Sunda di Sukabumi. (Denipuncak/Dedi Akung)