Rakon TP PKK Kota Sukabumi Sebagai Tindaklanjut Penjabaran Program Kerja TP PKK

0

Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz Sukabumi Kota, Renus.

Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz mengungkapkan, Rakon (Rapat Konsultasi) TP PKK Kota Sukabumi Tahun 2015 yang dilaksanakan Senin pekan lalu di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, sebagai tindak lanjut penjabaran dan pemahaman program kerja TP PKK, hasil Rakon TP PKK Provinsi Jawa Barat, khususnya dalam upaya mewujudkan keluarga yang sehat, dinamis dan sejahtera.

Ditandaskannya, Gerakan PKK memiliki peran dan peluang yang sangat besar dalam mengisi sekaligus menunjang perwujudan visi dan misi Pemerintah Kota Sukabumi Yang Rahmatan Lil Alamin. Untuk itu, TP PKK Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal memantapkan 10 Program PKK, khususnya dalam meningkatkan pemberdayaan keluarga, bekerjasama dengan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi vertikal di Kota Sukabumi.

Karena pelaksanaan Gerakan PKK di lapangan memerlukan dukungan dan bantuan dari seluruh OPD dan Instansi vertikal serta Pembina TP PKK di seluruh jenjang pemerintahan. Sebab seluruh program PKK yang dilaksanakan, baik berupa kebijakan maupun teknis pelaksanaannya, tidak dapat dipisahkan dengan tugas dan tanggung jawab pemerintah serta seluruh OPD dan Instansi vertikal.

Untuk itu, kerjasama dan kemitraan PKK yang diwadahi dalam Dewan Pembina TP PKK yang selama ini telah terjalin dan berjalan dengan baik, agar senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan secara optimal guna menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan seluruh program PKK, khususnya dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.
Dikatakannya, TP PKK merupakan mitra kerja pemerintah untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan pemberdayaan keluarga sesuai dengan program pemerintah. Berkaitan dengan hal tersebut, maka jangkauan TP PKK sampai pada kelompok-kelompok kegiatan di masyarakat, yang lebih dikenal dengan sebutan kelompok Dasa Wisma, sebagai ujung tombak pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Dikatakan pula, dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, TP PKK Kota Sukabumi pada prinsipnya telah mencakup ke seluruh aspek kehidupan masyarakat. Hal ini tidak telepas dari peran dan tugas PKK RW dan RT yang senantiasa memberikan kontribusi secara positif, terutama dalam melaksanakan dan membudayakan 10 Program Pokok PKK di wilayah RW dan RT-nya masing-masing. (Deni puncak)