Kantor BP3K Surade Diresmikan

0

BP3K surade Kab. Sukabumi, Renus.

Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Surade, Kabupaten Sukabumi diresmikan Rabu pekan lalu. Dalam Peresmian Kantor BP3K Surade dihadiri oleh Kepala BP4K yang diwakili Kabid Ketenagaan BP4K, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sukabumi, Kepala UPTD Wilayah Jampang Kulon, Camat Surade, Kapolsek, Danramil, Kepala OPD Dinas Intansi se-Kecamatan Surade, Kepala BP3K se-Wilayah Jampang Kulon, Kepala Desa, Ketua KTNA, HKTI serta para Kelompok Tani se-Kecamatan Surade.

Kepala BP3K Surade, H. Herman, dalam sambutanya mengatakan, perlu untuk diketahui, Badan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan disingkat menjadi BP3K dengan bahasa istilah dulu BPP dan merupakan lembaga penyuluh pertanian berada pada tingkat kecamatan. “Lembaga tersebut, berperan dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, khusus dalam bidang pertanian secara menyeluruh yang pada hakekatnya keberadaan kantor BP3K sangatlah penting,” jelasnya.

Ditambahkan Herman, keberadaan BP3K Surade berdiri sejak tahun 1981yang merupakan hasil dari masa Orde Baru. Adapun berbagai program untuk peningkatan produktivitas usaha tani saat ini keberadaannya masih sangat diperlukan oleh para petani.

Mengingat akan pentingnya fasilitas kantor BP3K Surade, maka Pemerintah Kabupaten Sukabumi sejak April 2014, telah menyediakan tanah serta bangunan sejak Agustus 2014 dengan bantuan DAK. Oleh karena itu, “kami beserta para petani sangat bersyukur kepada pemerintah yang telah memiliki dedikasi tinggi demi terwujudnya kesejahteraan petani secara menyeluruh,” jelas Herman.

Dikatakan Herman, wujud nyata serta fungsi Kantor BP3K Surade adalah sebagai tempat berkonsultasi para petani dalam menghadapi permasalahan, tempat kaji inovasi baru, pusat informasi teknologi dalam menjembatani hasil penelitian guna diterapkan oleh para petani, pusat simpul koordinasi (POSKO) program pembangunan pertanian yang berada di Kecamatan Surade, tempat pelatihan para penyuluh serta tempat pelatihan teknis para petani di Kecamatan Surade. Sehingga  dengan adanya Kantor BP3K yang baru diharapkan mampu memfasilitasi semua kepentingan petani yang menyangkut penerapan teknologi yang pada akhirnya dapat meningkatkan penghasilan serta kesejahteraan petani.

“BP3K Surade memiliki wilayah kerja seluas 11.784 Ha, tanah sawah seluas 4.373,9 Ha, dan tanah darat seluas 7337,9 Ha yang dibina oleh 11 orang PPL, 2 orang PPL PNS dan 7 orang PPL THL pusat, 1 orang PPL THL provinsi membina sebanyak 88 kelompok tani berada pada 11 desa dan 1 orang yang bertugas di Kelurahan Surade,” paparnya.

Lanjut Herman, kelompok tani tidak hanya berkiprah dalam tanaman pangan, tetapi termasuk dalam sektor pertanian. BP3K merupakan tempat koordinasi program dari dinas terkait yang menyangkut program dari dinas pertanian tanaman pangan, dinas peternakan, perikanan dan kehutanan. Tugas pokok penyuluh adalah tenaga fungsional di bidang teknis mengawal pada program berasal dari OPD terkait.

“Adapun maksud dari tujuan kegiatan ini, untuk memperkenalkan tugas dan fungsi BP3K seperti: untuk menjalin tali silaturahmi antar petani dan keluarga besar BP3K, Muspika Kecamatan Surade serta silaturahmi dengan formulator kois sarana produksi pertanian juga yang terlibat dalam peningkatan produktivitas pertanian,” ungkapnya.

Kegiatan peresmian kantor BP3K Surade dihadiri para ketua kelompok, 176 orang dari KTNA dan 260 orang dari tamu undang serta yang lainya, papar Herman mengakhiri perbincangannya. (Denipuncak /Dedi Akung)